Selasa, 30 Agustus 2016

6 Cara Membahagiakan Orang Tua

6 Cara Membahagiakan Orang Tua 

Dengan Merawat Orangtua Sakit

 

 

Cara Membahagiakan Orang Tua dengan Merawat Orangtua Sakit.
Berikut ini beberapa informasi yang penting ketika harus merawat orangtua.


1. Niatkan untuk mencari keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala


Merawat orangtua bukan perkara yang sepele, karena dibutuhkan kesabaran, terlebih lagi jika orangtua kita sakit-sakitan, lemah, atau bahkan sudah tidak mampu lagi melakukan aktivitas secara mandiri.


Paling penting adalah


2. Bertutur kata dan bersikap lembut. 


Seseorang yang berusia lanjut sangat rentan terhadap depresi. Mereka mudah bersedih dan stres karena memikirkan sesuatu hal. Dibutuhkan suasana yang hangat dan kekeluargaan supaya orangtua kita bahagia dan merasa diperhatikan. Selain itu, ajari anak-anak kita untuk menghormati dan menyayangi orangtua kita.


Jika orangtua sudah mengalami penurunan pendengaran, maka hendaknya kita mendekat ketika berbicara pada mereka, dan bukan dengan berteriak atau bersuara keras. Jangan sesekali membentak mereka, karena hal tersebut akan sangat melukai hati orangtua yang telah bersusah payah mengasuh dan mendidik kita sedari kecil.


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 23 (yang artinya): “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia (berbuat syirik) dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. ”


3. Menyiapkan menu makanan sehat


Jika orangtua dirawat di rumah dan bukan rumah sakit, penting juga untuk berburu resep makanan sehat dari berbagai sumber, seperti berikut ini:


- Resep makanan yang bagus untuk orangtua berumur


- Resep makanan yang baik untuk melancarkan peredaran darah, karena kebanyakan penyakit kronis berawal dari darah dan jantung


- Makanan yang cocok dengan penyakit yang diderita orangtua


4. Rutin memeriksakan kondisi kesehatan orangtua.


Usahakan untuk mengingatkan dan menemani orangtua untuk kontrol ke dokter jika membutuhkannya. Pada waktu pertemuan  dengan dokter, hendaknya kita banyak bertanya mengenai penyakit yang diderita orangtua dan cara-cara perawatannya. Selain itu, ingatkan orangtua untuk meminum obat yang diberikan dokter secara teratur.


5. Jangan sepelekan keluhan orangtua.


Walaupun terkesan sepele, keluhan dan curahan hati mereka pantas untuk kita dengar dan perhatikan. Terutama jika menyangkut keluhan seputar kesehatannya. Hal ini mengingat beberapa masalah pada orang berusia lanjut bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.


6. Mengingatkan orangtua untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah.


Kebutuhan spiritual orangtua sangat penting untuk kita perhatikan. Ingatkan mereka untuk mengerjakan sholat dan ajak mereka untuk mengikuti pengajian jika kondisinya memungkinkan. Jika kita hendak mengingatkan atau menyampaikan nasehat, maka hendaknya dengan cara yang sopan dan halus. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mendo’akan orangtua kita.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua Ketika Orangtua Sakit 

 

Berikut ini beberapa hadits mengenai merawat orangtua:


1. Pintu surga yang paling bagus


Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ORANG TUA adalah PINTU  SURGA  YANG PALING TENGAH, terserah kamu, hendak kamu  terlantarkan ia, atau kamu hendak menjaganya.”
(HR Tirmidzi)


Al-Qadhi berkata,  ” Maksud pintu surga yang paling tengah  adalah pintu yang PALING BAGUS dan PALING TINGGI.  Dengan kata lain,  sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan meraih  derajat yang tinggi adalah dengan mentaati orangtua dan menjaganya.”


2. Meskipun orangtua zalim, tetap seorang anak wajib menjaganya


Seorang muslim yang mempunyai kedua orang tua yang muslim, kemudian ia senantiasa berlaku baik kepadanya, maka Allah berkenan membukakan dua pintu surga baginya. Kalau ia memiliki satu orang tua saja, maka ia akan mendapatkan satu pintu surga terbuka. Dan kalau ia membuat kemurkaan kedua orang tua maka Allah tidak ridha kepada-Nya.” Maka ada seorang bertanya, “Walaupun keduanya berlaku zhalim kepadanya?” Jawab Rasulullah, “Ya, sekalipun keduanya menzhaliminya.” (HR. Bukhari).


3. Salah satu amalan utama


Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]


4. Doa untuk orangtua


 “Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” [Al-Israa’ : 23-24]


5. Tanda Durhaka


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membuat hati orang tua sedih, berarti dia telah durhaka kepadanya.” (HR. al Bukhari)

Meninggikan orangtua, maka semoga kita bisa menjadi anak yang baik dan melayani orangtua dalam keadaan sehat maupun sakit, senang ataupun sedih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning